Halal consumerism in the fast-food industry: investigating awareness, literacy, and religious moderations on youth purchasing behavior

  • Nadia Musfika UNP
  • Yunita Engriani Universitas Negeri Padang
Keywords: Halal awareness; Halal literacy; Purchase intention; Religiosity

Abstract

This study aims to analyze the influence of halal awareness and halal literacy on the purchase intention of packaged fast-food products among young Muslim consumers in Padang city, with religiosity as a moderating variable. The population comprises young Muslims in Padang city who consume fast food, with a sample size of 150 respondents. Data were collected through questionnaires and analyzed using SmartPLS software. The results indicate that: (1) Halal awareness has a positive and significant influence on the purchase intention of fast food among young urban Muslims in Padang city; (2) Halal literacy has a positive but insignificant influence on the purchase intention of fast food among young urban Muslims in Padang city; (3) Religiosity moderates the influence of halal awareness on the purchase intention of fast food among young urban Muslims in Padang city; and (4) Religiosity does not moderate the influence of halal literacy on the purchase intention of fast food among young urban Muslims in Padang city.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ailah, M.W. 2020. Pemahaman Konsep Halal dan Halal Awareness dalam Perilaku Konsumen Muslim BreadTalk di Surabaya. Skripsi. Surabaya: Univeritas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Aminto, G.D. 2021. Peran Halal Product Knowledge, Religiusitas Dan Norma Subjektif Terhadap Sikap Konsumen Dan Dampaknya Pada Minat Beli Produk Makanan Halal (Doctoral dissertation, Univeristas Islam Sultan Agung Semarang).
Amna, B. N. 2015. Hubungan Tingkat Religiusitas Dengan Kesejahteraan Psikologis Siswa SMK Muhammadiyah 2 Malang.
Anufia, B., dan Alhamid, T. 2019. Instrumen Pengumpulan Data.
Assael, H. 2001. Consumer Behaviour 6th Edition. New York: Thompson Learning.
Azis, F. A. 2020. Pengaruh Label halal MUI dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk dengan Religiusitas Sebagai Variabel Intervening (Studi Pembelian Produk di Alfamart oleh Masyarakat Kota Ungaran). IAIN Salatiga.
Aziz, Y. A., dan Chok, N. V. 2013. The role of halal awareness, halal certification, and marketing components in determining halal purchase intention among non-muslims in Malaysia: A structural equation modeling approach. Journal of International Food and Agribusiness Marketing, 25(1), 1–23.
Cahyanti, S. 2021. Pengaruh Pendapatan, Gaya Hidup Dan Lingkungan Sosial Terhadap Perilaku Konsumen Mahasiswa Bidikmisi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan Dengan Religiusitas sebagai Variabel Moderating (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).
Damayanti, T.C. 2020. Faktor Kesadaran Halal Pada Produk Kosmetik Di Kalangan Muslimah Milenial Di Indonesia (Bachelor’s Thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Jakarta).
Fatmawati, P.P., Setiawan, F., dan Nasik, K. 2023. Analisis Religiusitas, Kesadaran Halal, Literasi Halal, Dan Niat Berperilaku Dalam Memprediksi Pelaku UMKM Melakukan Sertifikasi Halal Di Kabupaten Bangkalan. Maro: Jurnal Ekonomi Syariah dan Bisnis, 6(1), 76-88.
Faturohman, I. 2019. Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli terhadap Makanan Halal. Studi pada Konsumen Muslim di Indonesia. In Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar (Vol. 10, No. 1, pp. 882-893).
Husna, A., Rahmani, N. A. B., dan Syahbudi, M. 2022. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Impor Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus: Mahasiswa Program Studi Ekonomi Islam UIN Sumatera Utara). Ekonomi Bisnis Manajemen dan Akuntansi (EBMA), 3(2), 2040-1061.
Imah, B., Majid, N,. dan Addiarahman. 2020. Pengaruh Kesadaran Halal dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik (Pada Konsumen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi). In Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi.
Jalaluddin. (2005). Psikologi Agama . Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Jusmaliani dan Hanny. 2013. Religiosity aspect in customer behaviour: Determinants of halal meat consumption. ASEA Marketing Journal, Vol 1(2), 1-12.
Kolter, P dan Amstrong, G. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Lessy, S.T., & Salim, L. 2023. Do Subjective Norm, Religiosity, Halal Literacy, Halal Certification And Attitude Towards Halal Product Influence Purchase Intention Of Korea Instant Noodles?. Asia Marketing Federation Journal Volume 3 Number 3 November 2023
Liana, L. 2009. Penggunaan MRA dengan SPSS untuk menguji pengaruh variabel moderating terhadap hubungan antara variabel independen dan variabel dependen. Dinamik, 14(2).
Listiyan, M. A. Pengaruh Labelisasi Halal, Halal Awareness Dan Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Produk K-Bunsik Tokpoki (Studi Generasi Z di Kabupaten Bogor) (Bachelor's thesis, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis UIN Jakarta).
Maryam, A., & Sumar’in, S. 2022. Analysis of Halal Literacy Level on Halal Awareness and Use of Halal Products. IQTISHODUNA: Jurnal Ekonomi Islam, 11(1), 85–96. https://doi.org/10.54471/iqtishoduna.v11i1.1004
Mirani. 2020. Pengaruh Labelisasi Halal pada Produk Makanan Terhadap Keputusan Pembelian ditinjau dari Hukum Islam. Skripsi. Makassar: Univeristas Muhammadiyah Makassar.
Mulyati. 2019. Pengaruh Tingkat Literasi Halal dan Tingkat Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Impor (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten). UIN Sultan Maulana Hasanuddin.
Munasiroh, D. dkk. 2019. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Peilaku Konsumsi Makanan Cepat Saji (Fast Food) pada Mahasiswa. Jurnal An-Nadaa. Vol. 6 No. 2.
Nasrullah, M. 2015. Islamic Branding, Religiusitas, Dan Keputusan Pembelian Produk. Jurnal Hukum Islam, 3(79), 103-11.
Nur, A. S. 2022. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Purchase Intention Produk “Traffic Bun” Generasi Z Kota Bandar Lampung Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi kasus Pada Outlet Traffic Bun Kota Bandar Lampung).
Pramintasari, T. R., dan Fatmawati, I. 2017. Pengaruh Keyakinan Religius, Peran, Sertifikasi Halal, Paparan Informasi, dan Alasan Kesehatan Terhadap Kesadaran Masyarakat pada Produk Makanan Halal. Jurnal Manajemen Bisnis, 8(1), 1-33.
Prastiwi, Y. N. 2018. Pengaruh Label Halal Dan Citra Merek Terhadap Perilaku Pembelian Kosmetik Sariayu Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderating.
Rahman, A. Y. 2023. Pengaruh Kebutuhan Dan Keinginan Terhadap Tingkat Permintaan Skincare Santri Thoriqul Huda Ponogoro Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderating.
Salehudin, I. 2010. Halal Literacy: A Concept Exploration and Measurement Validation. SSRN Electronic Journal.
Salehudin, I. 2013. Halal Literacy: A Concept Exploration and Measurement Validation. ASEAN Marketing Journal, 2(1).
Salehudin, I. 2021. Halal Literacy: A Concept Exploration and Measurement Validation. ASEAN Marketing Journal. Vol.2, No 1.
Saputra, A. A., dan Jaharuddin, J. (2022). Pengaruh Sertifikasi Halal, Kesadaran Halal, Dan Celebrity Endorse Terhadap Keputusan Pembelian Produk Zoya (Studi Kasus Mahasiswa Feb Umj). Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 16(4), 1521-1535.
Setyowati, A., dan Anwar, M. K. 2022. Pengaruh literasi halal dan religiusitas terhadap minat konsumsi produk halal masyarakat kabupaten Madiun. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran dan Kebudayaan, 16(1), 108-124.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharyono. 2018. Perilaku Konsumen dalam Perspektif Ekonomi Islam. Al-Intaj. Vol. 4, No. 2.
Suroso, A. 2008. Psikologi Islam: Solusi Islam dan Problem-Problem Psikologi. Pustaka Pelajar.
Suryaputri, R. V., dan Kurniawati, F. 2020. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat Beli Produk Halal. Taraadin, 1(1), 1–15.
Wahyudi, R. 2021. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Busana Muslim Nibras dalam Perspektif Hukum Islam. Skripsi. Lampung: UIN Raden Lintang Lampung.
Wahyuni, I. N., Hakim, L., dan Wiedy Murtini. 2018. Effectiveness of Education Module Implementation on Increasing Islamic Financial Literacy and Halal Literacy of MSMEs Perpetrators. Jurnal Dinamika Akuntansi, 10(1), 51–58.
Published
2024-09-30
How to Cite
Nadia Musfika, & Engriani, Y. (2024). Halal consumerism in the fast-food industry: investigating awareness, literacy, and religious moderations on youth purchasing behavior. Marketing Management Studies, 4(3), 249-263. https://doi.org/10.24036/mms.v4i3.528